Langkah sederhana mencegah Virus

Banyak cara supaya virus bisa menginfeksi komputer anda salah satunya adalah melalui removeable media( baca : flash disk). Untuk itu berikut tips-tips sederhana yang bisa menghindarkan anda dari penyebaran virus :
Virus dari flash disk biasanya menginfeksi komputer ketika fungsi autoPlay aktif( fungsi ini otomatis akan mendeteksi seluruh isi removeabe media( CD/DVD ROM; Flash Disk)), maka dari itu kita perlu mematikan fungsi autoplay tersebut caranya dengan menggunakan tool TWEAK UI anda bisa download di FreewareFav. Setelah di download, Install. Jalankan program TWEAK UI arahkan pada item My Computer –Auto Play – Types
Matikan Enable Autoplay for removeable drive. (Selain itu anda bisa mencoba untuk melakukan optimize windows dengan software ini.
Langkah berikutnya adalah mengganti File Browser( baca: Windows Explorer) anda , kenapa demikian karena kebanyaka virus-virus sekarang ini adalah jenis Vbs( Visual basci Script) yang bisa dengan bebas beroperasi di Windows Explorer. Jadi lebih aman jika menggunakan alternatif yang lain misal : menggunakan FreeCommander. Aplikasi ini gratis tidak perlu mbayar dan yang pasti ndak kalah kemampuannya dengan Windows Explorer. Perhatikan juga isi Flash Disk, apabila terdapat file autorun.inf( Jika bukan anda yang membuat berarti viruslah yang buat: Hapus!!!)

Selain itu Jangan Lupa Antivirus mesti uptodate, langkah ini adalah langkah paten yang tidak boleh di lupakan. Anda bisa mendownload program antivirus gratis seperti free AVG / AVIRA/ Anti virus Made In Indonesia PCMAV yang tidak kalah dengan aplikasianti virus lain. Karena sasaran Virus adalah Registry maka BACKUP Registry komputer anda, Registry adalah Database Windows Xp Anda yang berfungsi untuk menyimpan semua konfigurasi Sistem. Jadi jika ada masalah, anda masih bisa menggunakan registry yang sehat. INGAT Anti Virus tidak bisa mengembalikan nilai / setting registry yang sudah di acak-acak oleh virus. Caranya start menu RUN – ketik regedit- Menu File – Export – Simpan di tempat yang aman. Gunakan Menu Import untuk mengembalkan Registry . Jangan Lupa lakukan ini setiap kali ada perubahan Sistem (Install / Uninstall)
Terakhir matikan System restore Windows. Meskipun kelihatan baik tapi berbahaya Karena SR bekerja secara otomatis melakukan backup, termasuk mungkin virus di komputer. Selain itu mematikan sistem restore juga terbukti meningkatkan performa Windows anda. Klik Control Panel – System – System restore- Check Turn Off…

Posted on April 26, 2011, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: