Tips Praktis Menata Ruang Tamu

Flow Linear
Pola pergerakan diagonal sangat membuang space. sedikit sekali ruangan yang tercipta pada pola pergerakan ini. Pada lahan luas, dampak dari pola diagonal memang tidak begitu terasa. Tapi pada ukuran yang minim sempitnya akan sangat terasa. Karena itu, flow linear menjadi pola yang paling tepat pada lahan sempit.

Fungsi Multi
Kalau memungkinkan untuk kegunaan lain, tidak ada salahnya memaksimalkan fungsi dari ruangan tamu. Misalnya, sekaligus sebagai ruangan keluarga atau ruangan santai. Ruang tamu hanya digunakan sesuai fungsi utamanya ( menerima tamu ) akan lebih mahal biayanya. Hal itu karena ruangan ini tetap membutuhkan perawatan, tapi intensitas kegunaannya rendah.

Ukuran Furnitur
Supaya tidak menjadi masalah dikemudian hari, sesuaikan ukuran furnitur. Konsep minimalis tidak membutuhkan ukuran yang terlalu besar. Cukup yang simpel saja.

Marking Area
Bila merasa ruangan tamu terlalu sempit, anda bisa menyiasati dengan memainkan beberapa elemen interior. Misalnya dengan cara memasang tile yang berbeda warna dengan ruangan lain. Pemasangan sebatas luas ruangan tamu tersebut, kemudian diberi border. Atau bisa juga dengan permainan ceiling (bisa dinaikan atau diturunkan )

—> Faozan

Posted on May 15, 2011, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: